Minggu, 02 Maret 2014

Fakta tentang Bakteri Enterobacter cloacae

Bakteri Enterobacter cloacae dapat menyebabkan kematian dengan cepat jika tidak ditangani dengan cepat.
Bakteri Enterobacter cloacae merupakan bagian dari sistem usus manusia. Bakteri ini umumnya hidup bersimbiosis didalam usus dan khusus menjaga system kekebalan tubuh. Untuk itu bakteri ini juga penting bagi kesehatan manusia dalam jumlah normal. Tetapi jika sudah masuk ke dalam darah dapat menyebabkan sepsis dan infeksi pada saluran darah.
Bakteri ini keluar bersama veses manusia. Diperkirakan dapat hidup cukup lama di lingkungan hingga beberapa jam.
Kurangnya kesadaran untuk kebersihan diri “misanya mencuci tanggan setelah menggunakan kamar kecil” menyebabkan bakteri ini dapat masuk bersamaan dengan makanan yang kita makan, dicerna dalam usus halus dan menuju kesalauran peredaran darah bersama sari-sari makanan. Jika telah mencapai saluran peredaran darah maka bakteri ini biasa menginfeksi dan menyebabakan sepsis.
Nah, salah satu ciri seseorang dikena sepsis ditandai dengan demam yang sangat tinggi. Dimana Bakteri merangsang sistem kekebalan tubuh, dan sistem kekebalan tubuh memanas sehingga suhu tubuh menjadi panas. Paru-paru, jantung dan ginjal dapat terlibat sehingga mulai mengalami disfungsi dan tidak bekerja lagi. Hal ini tergantung pada tubuh orang yang diinfeksi. Terutama bayi, atau orang-orang immuno sangat rentan terhadap infeksi semacam ini.
Infeksi yang terjadi akibat bakteri ini berlangsung sangat cepat, bahkan hampir tidak sempat di tangani karena minimnya pengetahuan tentang gejala-gejala dari penyakit yang disebabkan. Untuk itu kebersihan memang hal yang paling utama, dan lebih penting bahwa kebersihan merupakan bentuk keiman kita kepada Allah SWT.
Sumber; www.dw.de

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar